Sketsa Struktur Gunung Padang Dari Hasil Penelitian Geologi-Geofisika TTRM. (Ist)Sketsa Struktur Gunung Padang Dari Hasil Penelitian Geologi-Geofisika TTRM. (Ist)JAKARTA- Melalui pemindaian atau metode geofisika yang lengkap, Gunung Padang teridentifikasi memiliki 5 lapis budaya. Namun baru 3 lapis yang teridentifikasi lewat eskavasi. Karena kedalaman untuk eskavasi 2 lapis berikutnya mencapai 150 meter ke bawah. Hal ini disampaikan oleh Mantan Staff Khusus Presiden Soesilo Bambang Yudhoyono, Andi Arief kepada Bergelora.com di Jakarta, Selasa (30/7).

 

Lapisan pertama menurutnya mempunyai nilai resistivitas (tingkat penghantar listrik) rendah adalah situs punden-berundak apa adanya seperti yang terlihat saat ini. Ia menjelaskan bahwa lapisan pertama Gunung Padang terdiri dari susunan batu-batu kolom andesit-basaltik beralaskan tanah dan bongkah-bongkah batuan.

“Penelitian Gunung Padang hingga 2011 mengidentifikasi batu-batu hanya di atas luasan 9.000 m2. Tim Terpadu Riset Mandiri (TTRM) menemukan fakta baru seluas 32 hektar,” ujarnya.

Tim Arsitektur Gunung Padang menurutnya mengatakan bahwa lapisan pertama Gunung Padang mirip konstruksi Machu Picu di Peru. Tim Arsitetur, Ir. Pon Purajatnika telah melakukan perbandingan lapisan pertama  Gunung Padang langsung ke lokasi situs Machu Picu.

Sementara itu lapisan kedua Gunung Padang menurutnya memiliki resistivitas tinggi, merupakan batu-batuan kekar dengan kolom tersusun sangat kompak. Susunan lapisan kedua diantaranya berisi material halus pejal setebal beberapa meter sampai kedalaman sekitar 5 meter.

“Di lapisan kedua juga ditemukan semen purba yang salah satu unsurnya Fe (Ferrum-besi-red) 42 persen. Beberapa artefak juga ditemukan di lapisan kedua seperti sebuah alat terbuat dari besi berbentuk kujang, tembikar dan gerabah, ” ujarnya.

Sedangan   Lapisan ketiga tebalnya sekitar 10 meter sampai kedalaman 15 meter dari muka tanah Gunung Padang. Dari pemindaian, beda tinggi permukaan teras situs di atas dengan  horison dimana lapisan 1,2,3 ini terpancang sekitar 30 meter. Di Teras-5 beda tingginya hanya 20 meter.  

“Dari fakta-fakta ini menguatkan lapisan 1, 2 dan 3 Gunung Padang tidak alamiah. Bangunan berbentuk trapesium memanjang utara-selatan mirip piramid Machu Picu, milik bangsa Maya di Amerika Selatan,” ujarnya. (Web Warouw)